Jumping Ideas is Hurting Me

Masalah saya akhir-akhir ini adalah sulit fokus. Ketika menulis, biasanya belum selesai satu tulisan sudah pindah ke tulisan yang lain. Sekarang saya sedang berada di stase Jiwa. Ketika kuliah dulu rasanya menarik, tapi sekarang rasanya hambar, seolah ini adalah flight mechanism. Saya tidak perduli sama sekali, tidak ada usaha seperti biasanya juga. Entah karena saya tidak terlalu minat atau entah karena apa. Yang jelas rasanya semangat untuk belajar menurun bahkan tidak ada sama sekali.

Saya bercerita tentang perasaan yang saya alami pada seorang teman yang saat ini juga sedang mengambil pendidikan kedokteran. Kemudian dia bilang, “bisa tuh sekalian di jiwa sekalian nulis”.

Benar juga ya. Akhir-akhir ini saya jarang sekali menulis. Tulisan saya pun banyak yang tidak selesai. Duh, kok mudah sekali terdistraksi ya? Rasanya saya mudah sekali bosan hingga berpindah pada hal lainnya.

This is something wrong and I have to fix it.

Apa sih yang sebenarnya menjadi masalah?

Hipotesis 1: sepertinya materi di jiwa itu terlalu banyak hapalan dan saya jelas tidak suka itu.

Hipotesis 2: saya sedang berada pada fase flight mechanism, dimana ga ada niat, ga peduli juga. Ada hal yang jelas membuat saya terguncang. Walaupun sudah lewat tapi bisa jadi memang tipe stres seperti itu bisa membuat saya menjadi tidak memiliki niat melakukan apapun.

Saya harus mencari jalan. Saya tahu saya harus menulis karena saya bisa mengurangi keimpulsivan saya dan juga memaksa saya untuk bersabar dan berpikir lebih teratur. Rasanya tidak nyaman harus berpindah dari satu ide ke ide lainnya.

Saya harus kembali mengembalikan fokus.

Leave a Reply

