Productive Muslim (1)

Habis Shalat Subuh, Jangan Tidur Lagi

morning-routineSetelah shalat subuh, sebaiknya kita tidak tidur lagi. Hadist yang menganjurkan agar kita tidak tidur setelah shalat subuh diantaranya:

  • DIriwayatkan oleh At-Tirmidzi : Anas bin Malik berkata, Rasulullah bersabda: “Barang siapa shalat Fajar berjamaah lalu duduk berdzikir kepada Allah hingga matahri terbit lalu shalat dua rakaat, niscaya ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah.”
  • HR Muslim :1/64 , Jabir bin Abdullah berkata, “Bila Nabi shalat Fajar, beliau tetap duduk di tempatnya hingga matahari terbit.” Dalam riwayat lain Jabir menuturkan, Rasulullah pernah berdoa, “Ya Allah, berkatilah umatku pada waktu pagi harinya.”
  • Shahih Abi Dawud (2270) dan At- Tirmidzi : Suatu ketika, Ibu Abbas melihat seorang anaknya tidur di waktu pagi. Ia pun berkata kepadanya, “Bangun, apakah engkau tidur di saat rezeki sedang dibagi-bagikan?”

Memanfaatkan Waktu Luang

PM1Nabi concern sekali tentang aktivitas untuk mengisi waktu luang. Nabi memberikan bimbingan kepada Ibnu Umar untuk melakukan qiyamul lail agar waktu luang yang dimiliki dapat bernilai ibadah. Selain itu, Abdurrahman Bin Husein meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Segala sesuatu yang tidak disertai dzikir kepada Allah adalah batil, kecuali empat perkara: perjalanan seorang di antara sasaran memanah, melatih kudanya, berkasih mesra dengan istrinya, dan mengajarkan renang.” Salamah bin Al-Akwa juga pernah bercerita,

Selain iu, kita juga dianjurkan untuk melakukan olahraga seperti berlari, menunggang kuda, dan berenang. Karena, olahraga tersebut dapat menumbuhkan kekuatan, keberanian, dan kehandalan. dalam pembahasan terdahulu telah disebutkan bahwa Nabi pernah mengatur barisan para pemuda sebelum melakukan perlombaan lari.

Jika kita hendak melakukan aktivitas yang sifatnya mubah, sebaikny akita meniatkan agar kegiatan tersebut dilakukan untuk mengistirahatkan jiwa agar tidak bosan dan dapat memulihkan semangat agar kembali melakukan ibadah. Namun, tentunya dalam waktu tertentu yang terbatas. Jangan sampai lupa waktu dan kehilangan kesempatan untuk beribadah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s