Membuat Pilihan

Ada beberapa hal yang tidak bisa dibaca dengan kacamata manusia. Apa yang menurut kita baik, belum tentu baik menurut Allah dan sebaliknya.

Kaidah Ushul Fiqih mengatakan:

Maalaa yadraku kulluhu walaa yatroku julluhu..

Sesuatu yang tidak bisa diambil secara keseluruhan, jangan lantas ditinggalkan sama sekali.

Start from zero:
– Apa tujuan kita?
– Kepada siapa kita menggantungkan harapan?

Bagian Pertama

Ketika kita akan memulai sebuah kebaikan, penting sekali untuk meluruskan niat. Karena kita akan mendapatkan sesuai apa yang diniatkan.

Konsekuensi Sebuah Pilihan

Ketika kita mengambil sebuah pilihan, artinya kita harus menerima konsekuensi dari pilihan tersebut. Memilih satu hal yang menurut kita baik tentu harus diiringi kesadaran bahwa ada hal tidak baik yang juga harus kita terima, satu paket.

Meminta Pendapat

Meminta pendapat teman yang sholeh pun dapat membantu untuk menjernikah pikiran. Karena ada aspek-aspek yang mungkin terlewat. Carilah sebanyak mungkin info yang baik dan buruknya. Untuk apa?

Semua hal itu memiliki sisi negatif dan positif. Tapi sejauh apa kita bisa menerima negatifnya? Dan sejauh apa kita hidup memaksimalkan sebuah sisi positif. Hidup itu tidak bisa hanya melakukan hal yang kita sukai saja.

Legowo

Saatnya berserah, mengembalikan semua ke Allah. Karena segala urusan termasuk rizki juga urusan Allah. Tapi ketika menentukan pilihan yang sudah tidak bisa lagi dipikirkan, gunakanlah kaca mata Allah. Saran dari teman, agar kita memperbanyak amalan yaumi lebih dari biasanya agar kita diberikan hati yang jernih, yang lapang. Agar kita bisa melihat bukan dengan kacamata manusia.

Jatuhkanlah harapan itu hanya kepada Allah.. Karena tujuan dari setiap hal yang membuat kita bingung barangkali agar kita kembali mendekat, dan lebih dekat dengan Allah. Agar kita dapat merasakan nikmatnya ketenangan ketika beribadah kepada Allah. Agar kita sadar bahwa segala yang kita lakukan tujuannya harus kembali karena Allah.

Semoga kita dapat selalu memilih dengan hati yang terbimbing olehNya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s