MITOS 3 WAKTU DILARANG MANDI

Saat membaca sebuah artikel dari sebuah akun, saya cukup tergelitik karena begitu banyak orang yang percaya dengan tulisan tersebut. Padahal jelas-jelas tidak ilmiah sama sekali. Oleh karena itu, saya mencoba memaparkan dimana letak ketidaklogisan mitos-mitos tersebut. Monggo~

3 WAKTU DILARANG MANDI

A. 30 Minit Setelah Solat Asar.
B. Setelah Maghrib.
C. Setelah Isya’ sehingga pukul 12 malam.

Penjelasan ngarangnya dimana:

A. 30 minit setelah solat asar itu adalah waktu dimana darah didalam diri kita ketika itu sedang panas, jika kita mandi ketika itu, akan menyebabkan badan menjadi lelah dan penat untuk melakukan perkerjaan

Mengapa salah?Tubuh berusaha mempertahankan suhu normal(36.5-37.5 derajat). Ketika udara dingin, tubuh  mulai melakukan mekanisme untuk mencegah pengeluaran panas tubuh, seperti membuat bulu kuduk berdiri dan juga membuat kita menggigil. Saat udara panas, tubuh membuka pori-pori dan menyesuaikan suhu dengan mengeluarkan panas melalui keringat. Ketika darah kita panas (>37.5), artinya kita sedang demam. Tidak apa jika tidak mandi. Tetapi setiap hari suhu tubuh selalu diusahakan optimal, kecuali ketika sakit tadi. Mau jam 2 pagi atau jam 4 sore, suhu tubuh harus tetap normal agar sel-sel bisa mempertahankan metabolisme.
Ketika sore hari, tubuh memang sudah lelah karena pekerjaan. Ketika mandi, tubuh akan lebih relax dan nyaman untuk beristirahat. Jangan sampai menumbalkan mandi sebagai penyebab lelah.

B. Jantung kita setelah maghrib sudah mulai lemah untuk melakukan perkerjaan. Jadi, kajian menunjukkan bahwa ketika ini jika kita mandi akan menyebabkan paru-paru boleh dimasuki air dan boleh menyebabkan paru-paru basah.

Mengapa salah?jika jantung melemah, artinya ada yang tidak beres dengan jantung kita. Namun, ketika malam hari, sistem parasimpatis mulai bekerja, menyebabkan penurunan tekanan darah, nadi dan juga frekuensi nafas sehingga tubuh mulai relax dan akhirnya tertidur. Saat itu jantung tetap bekerja karena sistem tubuh tetap aktif untuk mempertahankan metabolisme tubuh.

Paru-paru basah: paru-paru berisi cairan eksudat (sekret) akibat inflamasi yang terjadi di paru-paru. Jadi kalau mandi di sebelah orang yang sakit paru-paru basah(pneumoni), lalu dia memandikan kita dengan batuk-batuknya kita bisa terkena paru-paru basah.

Ketika masuk air ke saluran pernafasan, tubuh akan berusaha mengeluarkan air tesebut dengan refleks batuk, contohnya ketika tersedak. (tersedak air sedikit saja kita batuk-batuk, masa sih kemasukan air yang banyak kita masih sehat wal’afiat).

Kecuali memang kita sengaja memasukkan air ke paru-paru melalui trakea ya. Insha Allah tewas. Tapi ketika mandi yang kena air kan permukaan luar saja. Sebelum masuk ke paru-paru dari luar ada kulit sebagai barrier, lalu otot. Jadi tidak semudah itu tembus ke paru-paru 

C. Setelah solat isya, ini saatnya jantung kita berhenti dan melakukan istirahat, jika mandi ketika ini akan menyebabkan kerosakan jantung akibat kemasukan air.

Sebaiknya mandi setelah 1 jam dari jam 12 malam. Antara pukul 2 – 3 pagi, itu akan lebih memberikan energy kepada badan seperti mana bateri yang telah lemah di cas semula.

Mengapa salah? Jantung tidak pernah berhenti bekerja. Jika jantung berhenti bekerja, kita tidak akan bisa bernafas. Jantung juga setiap hari memang kemasukan air (dalam bentuk darah). Setiap hari jantung memompa darah ke paru-paru dan seluruh tubuh. Selain itu jantung juga disuplai oleh darah (air) agar tetap bisa menjalankan fungsinya. Lalu, ketika kita mandi jam 2 pagi, jelas saja kita akan merasa “melek” karena saat itu jantung akan bekerja lebih dari biasanya, agar tubuh tetap hangat. Dampak lain dari kerja jantung tersebut adalah, meningkatnya suplai oksigen ke jaringan. Sehingga tubuh menjadi segar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s