Mencintai Kematian

“Hidup ini singkat dan sementara, jadi ga usah ribet-ribet.” (Reizky Muhar)

Syukurlah hidup ini hanya sementara.

Jalan hidup mainstream yang paling saya tidak sukai:

Lahir – TK – SD – SMP – SMA – Kuliah – Kerja – Mapan – Menikah – Punya anak – Punya Cucu – Mati

Bersyukurlah karena kematian itu tidak menunggu usia tua.

Kadang saya menyesal, kenapa saya harus memilih masuk kedokteran, yang membuat karir saya berjalan begitu lambat dan menahan segala hal lain yang ingin dicapai? Lalu saya bersyukur karena yang saya hadapi adalah kematian. Saya bisa membekali diri dengan ilmu atau amal jika saya menjadi dokter.

Saya bersyukur kematian tidak meminta tiket harus sudah menikah atau harus sudah punya cucu atau harus sudah punya mobil sendiri. Kematian hanya meminta diri kita dengan segala perbuatan yang telah kita lakukan di dunia.

Ah sesungguhnya itu melegakan.

Mungkin akan ada banyak halangan untuk kita menikah, untuk meraih kebahagiaan yang kita inginkan, untuk mendapatkan kekayaan melimpah, atau untuk keinginan-keinginan lainnya. Tapi tidak ada yang bisa menghalangi kita dari kematian. Kematian adalah hak kita, hanya Allah yang berkuasa mengatur.

Jika kita sedang bersedih, karena apa yang belum dicapai, ingatlah indahnya kematian. Ingatlah bahwa hidup di dunia hanya sementara.

Jika kita terlalu bahagia, ingatlah jika tawa kita di dunia juga hanya sementara.

Mengingat kematian, membuat hidup lebih sederhana. Tapi tidak sesederhana itu juga.

Jika dulu saya berpikir untuk berbuat A setelah menikah, ah bagaimana kalau tidak sempat?

Jika dulu saya berpikir ingin melakukan B setelah saya menjadi dokter, ah bagaimana kalau tidak sempat?

Lakukan apapun yang bisa dilakukan hari ini, mudah-mudahan kita menemui kematian kita dengan senyuman dan bekal paling baik. Amin…

Leave a Reply

