Finding Destiny

Ga pernah nyangka stase Family Medicine (Famed) akan seseru ini. Mungkin saya terlalu cerewet dengan keluarga pasien. Tapi stase Famed membuat saya mengerti bagaimana kepuasaan memberikan pelayanan terbaik pada pasien dan juga keluarga?

image

Benar apa kata mama, pasien ketemu kita aja udah seneng. Apalagi kalau mereka bisa cerita banyak ke kita. Karena sebenarnya, banyak penyakit yang kesembuhannya ditentukan oleh diri sendiri. Misalnya ya, orang yang darah tinggi (hipertensi) atau sakit asam urat (gout arthritis), ketika mereka hanya minum obat tetapi tidak mengubah gaya hidup, tidak mengubah pola makan, penyakitnya akan sulit sekali terkontrol. Famed ini, walau kata orang impossible banget dan ga efektif, tapi dengan adanya koas yang menyebar dan memberikan konseling, setidaknya beberapa keluarga ada yang tercerahkan.

Salut kepada dr. Susi Oktowaty yang keukeuh sumekeuh merintis Klinik Mitra Sehati, hingga pasiennya banyak, warga yang ikut senam dan prolanis juga banyak. Banyak bapak-bapak ibu-ibu yang punya hipertensi, tetapi tekanan darahnya bisa terkontrol hingga normal. Begitu juga dengan pasien prolanis diabetes. Gula darahnya dala batas normal. Bahkan ada hadiah bagi pasien dengan gula darah yang paling rendah.

image

Pasien prolanis di Klinik Mitra Sehatri ini cerdas-cerdas dan proaktif. Mereka aktif bertanya dan aktif mencatat di setiap kegiatan. Ga heran dong ya kondisinya segar bugar. Mereka juga sadar untuk mengubah pola makan, porsi makan, termasuk pentingnya berolahraga 30 menit sehari minimal 3x seminggu. Seneng deh kalau ngasih penyuluhan.

image

Termasuk saat minggu lalu kami mengadakan penyuluhan cuci tangan. Diiringi lagu ciptaan dr. Susi para pasien mengikuti langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar, 6 langkah loh ya. Bahkan banyak lansia yang semangat sekali ingin mengajarkan ilmu mencuci tangan ke anak cucunya di rumah. Wihiii.. mantap kan?

image

Doakan semoga Idung bisa merintis klinik kedokteran keluarga yang baik dan harus lebih baik dari Klinik Mitra Sehati. Mitra Sehati???? SEHAT!! SEHAT!!SEHATTTTTT!!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s