Sad Recovery

Dekatnya dengan sosok ayah, membuat anak-anak menjadi pemberani dan kuat. Dan sepertinya saya merasakan hal itu.

2011, tahun terberat sepanjang hidup saya. Beberapa kejadian terjadi dalam waktu yang sama :
– Perceraian orang tua
– Kehilangan sahabat
– Perubahan pola belajar yang drastis di FK
– Diuji oleh dosen killer, hampir tidak lulus sooca, dengan dominasi nilai D dan E.

Rasanya pasrah saja jika saat itu tidak naik tingkat. Waktu itu merasa sangat bersalah dengan mama dan ayah. Apalagi ketika sedang down, teman saya nangis-nangis karena nilainya 75, ada yang marah-marah karena nilainya 78. Woww.. Saat itu saya sadar jika, ternyata di dunia ini hanya mama dan ayah yang benar-benar tulus ada dan menyayangi saya.

Aaakk.. Rasanya satu semester bersedih-sedih harus segera disudahi. Demi mereka, akhirnya saya memberikan sugesti pada diri untuk bisa bangkit. Setelah saya tidur satu dua jam, saya bangun dan melupakan semua kesedihan yang menyakitkan itu. Saya menjadi orang yang lebih semangat setelahnya.

Kejadian di akhir tahun 2011 itu memberikan pengaruh pada kondisi mental saat ini. Kejadian-kejadian yang menyedihkan yang terjadi mungkin hanya akan membuat saya sedih satu dua hari, tapi setelah itu saya akan berubah ceria 180 derajat. Threshold saya menjadi amat sangat tinggi. Kemampuan bargaining dan acceptance diri saya cukup cepat. Orang-orang mungkin kaget mengapa recovery sedih saya sangat cepat? Tapi ya buat apa berlarut-larut dalam kesedihan? Iya ga?

Untuk apa sedih? Rugi!

Kalo kata dr Leo, microbiology dept, sebenarnya yang mengubah diri kita itu ya kita sendiri. Saat stres, bisa dua respon yang kita pilih, flight or fight. Saat kita pilih fight, syaraf simpatis bekerja, dan kita akan mendapatkan energi berkali-kali lipat. Apapun yang sepertinya sulit jadi bisa dilakukan. Apalagi ditambah dengan dzikir dan tilawah, beuhh.. Kekuatan yang dirasa jadi berkali-kali lipat.

Yuk produktif! Jangan lama-lama sedih.. :”

#renungan dari anak mama ayah yang zuper optimis

Leave a Reply

