Orang Baik

Aku harus memujimu, ku akui itu. Aku kagum dengan caramu menjaga perasaan perempuan. Kamu tidak pernah bilang suka, kamu tidak pernah menjanjikan akan datang. Kamu hanya bilang, “jika ada yang datang padamu, kamu ridhoi akhlak dan agamanya, terimalah nanti jadi fitnah.”

Aku hanya bisa tersenyum mendengarnya, terasa sesak, tapi aku bangga. Aku sangat bahagia mengenal orang sepertimu.

Kamu yang kukira acuh, ternyata begitu perhatian dengan caramu, kamu yang memiliki banyak pemikiran baik.

Sesekali kamu bicara meluap-luap tentang keinginanmu untuk berbagi dengan orang yang tidak mampu. Di lain hari kamu bercerita jika berbicara dengan orang yang hidupnya susah itu membuatmu menjadi orang yang lebih bersyukur.

Aku suka pemikiranmu yang jujur dan sederhana. Tentang kerelaanmu sarapan dengan roti dan susu jika kelak aku sudah kehabisan ide dengan olahan telur.

Banyak kebiasaanmu yang sulit untuk kulakukan. Kebiasaan makanmu yang sederhana, kesukaanmu untuk makan hemat di rumah dibandingkan makan mahal di cafe-cafe cantik. Kamu sangat sederhana, pelit, dalam bahasaku.

Tapi itulah kebaikanmu yang tidak dimiliki orang lain, kamu yang begitu istiqamah menabung karena ingin membelikan rumah untuk keluargamu berlindung.

Begitu banyak kebaikan darimu yang aku baru tahu. Dan sekarang aku juga ingin menjadi orang yang baik sepertimu. Karena akan senang sekali jika kita bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain, seperti katamu.

One thought on “Orang Baik

Leave a Reply

