Saat Dokter Gagap Bicara

Saat berbicara dengan masyarakat, terutama yang setengah kritis, saya bisa menyimpulkan beberapa tantangan yang harus saya hadapi, diantaranya adalah :

1. Belajar mengenai mitos dan fakta yang beredar di masyarakat
2. Menerima feedback langsung dari masyarakat sebagai konsumen
3. Mendekati masyarakat, sebelum memberikan informasi yang tepat

Tidak mudah bisa mendengarkan dan menyimak fakta yang setengah-setengah kebenarannya.

1. Pengetahuan kita tentang issue tersebut kurang
2. Pengetahun masyarakat tentang sebuah issue didapatkan dari berbagai sumber yang berasal dari “katanya”.

Sebagai seorang yang terdidik, tenaga kesehatan diajarkan untuk terbiasa mencari informasi dari sumber yang jelas dan valid. Namun, fakta yang ada akan kalah boomingnya dengan mitos-mitos yang diangkat oleh orang-orang yang pandai berkomunikasi dan media dengan informasi yang tidak bertanggung jawab.

Saat saya mendengar mitos yang setengah-setengah itu, tentu saya merasa gatal, tetapi ini juga “teguran” bagi saya agar lebih terbuka dengan issue yang ada di masyarakat.

Komunikasi memegang peranan sangat penting.

Lalu, bagaimana meluruskan pendapat yang keliru tersebut?
1. Saya tentu harus belajar dan mencari klarifikasi berdasarkan keilmuan saya
2. Belajar memberikan informasi dengan bahasa yang tepat sesuai dengan sasaran

Begitulah, berbagai faktor membuat rendahnya pencerdasan di masyarakat terutama mengenai kesehatan. Bisa karena kurangnya penjelasan dari dokter mengenai pengobatan dan penyakit. Ditambah, saat ini informasi-yang benar ataupun keliru, dari media begitu mudah diakses publik.

Menarik sekali!

Saya tentu saja tidak boleh menutup telinga. Seperti itulah kondisi di lapangan, issue-issue ngalor ngidul beredar. Sebagai tenaga kesehatan profesional, kelak saya harus bisa meluruskan informasi tersebut dengan cara yang tepat.

Lagi-lagi tentang komunikasi dokter dan pasien sebagai konsumen, bukan?

Leave a Reply

