Saat Terakhir

Coba deh, bayangkan kamu lagi menghadapi sakaratul maut, lalu situasi yang terlihat di sekitar kamu adalah dokter yang sudah tahu kamu akan tiada dan sedang berusaha memberikan breaking bad news pada keluarga. Belum lagi, keluargamu mulai histeris dan tidak bisa menerima kenyataan kamu akan menghadapi ajal. Padahal sebagai umat muslim kita tahu sendiri kalau yang kita butuhkan sebagai pengantar kematian kita adalah syahadat.

Kematian adalah sebuah proses yang sangat fundamental. Karena kematian menjadi pemutus hubungan kita dengan dunia dan pintu gerbang kita menuju kehidupan akhirat.

Meninggal di rumah ditemani keluarga akan sangat menenangkan sepertinya. Kalau dipikirkan, melihat keluarga berkumpul meski saat seseorang melepas ajal adalah salah satu bentuk cinta dan momen yang sangat sakral, intim. Entahlah apakah kita akan meninggal perlahan ketika sadar? Entahlah apakah kita sedang ditemani keluarga? Ah itu alhamdulillah.

Jika kita meninggal dalam perjalanan, semoga iman kita menguatkan kita untuk mengucapkan syahadat. Mudahan-mudahan kita bisa melafalkannya dengan jelas. Ah kalaupun sulit, terbata pun tak apa. Ah kalaupun sulit, semoga hati kita masih membawa iman kita, sehingga dalam hati kita membawa iman dan islam kita. Dan kalaupun meninggal ketika terbaring di rumah sakit, semoga kita bisa dikelilingi tenaga kesehatan yang melepas kita dengan syahadat. Dan kalaupun kita meninggal di rumah sakit, semoga keluarga kita dapat mengikhlaskan kepergian kita, sehingga mereka mampu membimbing kita bersyahadat sebelum benar-benar meregang nyawa. Amin ya rabbal ‘alamin..

P.s : semoga saya pun bisa menjadi dokter yang mendampingi pasien secara islami ketika mereka menghadapi ajalnya. Insha Allah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s