Maaf Aku Terlambat

“Maaf aku terlambat datang.” Katamu.
Aku diam, kamu juga diam. Aku bingung apa yang terlambat? Aku dan kamu tidak pernah membuat janji.

“Maaf membuat orang lain datang menemuimu lebih dulu.” Katamu, menatap kaki – kaki meja. Ada apa denganmu hari ini? Mengapa tiba-tiba?

Siapa yang terlambat? Apakah jika kamu datang lebih dulu lalu keadaan akan berbeda? Aku mengenalmu lebih dulu tetapi apakah ada yang berbeda? Bukan aku atau kamu yang mengatur apa yang akan terjadi. Kita tidak tahu dengan siapa kita ditakdirkan. Kita tidak tahu akan bertemu dengan siapa, dimana, kapan?

“Hubungi aku kalau sesuatu terjadi. Jika butuh bantuan, aku bersedia.”

Aku heran ada apa dengan orang-orang yang mengatakan dirinya datang terlambat? Terlambat tentu ada alasannya. Mengapa tidak direnungkan apa alasan kamu datang terlambat? Semoga jadi pelajaran untumu, dan untukku agar kita bisa lebih menghargai orang yang ada di sekitar kita. Pekalah. Jangan hanya ragamu saja, hadirkanlah jiwamu juga ketika bertemu orang-orang terdekatmu. Kamu tidak akan pernah mengerti jika kamu memang tidak mau belajar memahami.

“Tenang saja, Rangga dan Cinta yang berpisah sekian belas purnama saja bisa kembali ko. Bukan tentang siapa yang datang lebih cepat, tetapi siapa yang ditakdirkan untuk kita. Bisa jadi teman sendiri, bisa jadi teman dari teman. Well, People dont get to choose who they fall in love with.

Semoga ini bisa melegakanmu, sahabatku.

“Kenapa kamu jadi mendadak puitis sih?” Kamu melemparkan kotak minuman kosong.

Sebaiknya aku segera mengalihkan topik, sebelum teras rumahku terlihat seperti rumah duka.

P.S
Didedikasikan bagi seorang teman yang dalam hitungan hari ditinggal nikah sang gebetan. Turut berbela sungkawa bro. Pukpuk.. Insha Allah ada jodoh terbaik pula buat kamu.

Leave a Reply

