Malu Bertemu

Aku menemui Ramadhan dengan malu-malu. Sebulan terakhir pikiranku tersita dengan tek-tek bengek akademis, sehingga aku kurang mempersiapkan diri menyambut Ramadhan. All hail Ramadhan!

image

Sebagai seorang muslim yang tumbuh di lingkungan moderat, sejak kecil bagiku ramadhan adalah ritual menahan lapar dan haus hingga adzan magrib, yang akan diakhiri dengan mendapatkan THR di hari raya. Luar biasa!!! Ramadhan selalu menyenangkan, selalu dirindukan. Terutama bagian mencari takjil dan pembagian THRnya. Mantap!

Menginjak usia 23 tahun, ada perasaan sedih menjelang Ramadhan. Sedih karena bulan Ramadhan yang dirindukan akhirnya datang, sedih takut tidak bisa mengoptimalkan ibadah di bulan ini, dan sedih jika gagal mempertahankan ibadah di bulan berikutnya.

Sejak kecil, aku tidak begitu mengerti keistimewaan Ramadhan. Tapi setelah besar, aku membaca banyak sekali pahala dan keistimewaan yang diberikan bagi orang yang berpuasa. Belum lagi, segala amalan dilipatgandakan di bulan ini. Rasulullah dan sahabat begitu giatnya mempersiapkan Ramadahan, mereka berlatih shaum di bulan sebelumnya, menabung agar bisa bersedekah lebih banyak, dan yang lainnya.

Jika hanya dijalankan, Ramadhan hanya akan menjadi ritual-ritual tanpa makna. Ramadhan adalah sebuah momen yang mengoptimalkan interaksi dengan Allah yang Maha Kuasa, alhamdulillah. Sebutlah Ramadhan adalah sebuah camp, yang akan menempa kita menjadi hamba yang lebih bertakwa kepada Allah pada bulan-bulan berikutnya.

Aku menyapa Ramadhan dengan takut dan malu-malu. Tapi orang yang memalukan ini masih ingin memohon keberkahan bulan suci Ramadhan. Kuncilah hati! Dekaplah Allah lebih erat. Maknai indahnya nikmat beribadah di bulan Ramadhan.
.
.
.

7Juni 2016
RSUD Sumedang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s