Generasi Rabbani

Jika saya menjadi orang tua, saya ingin memberikan bekal dasar untuk anak-anak saya. Kelak, saya ingin mengajarkan mengenai pentingnya reasoning. Mengapa kita harus belajar? Mengapa kita harus bisa membaca? Mengapa kita harus menulis dan berpikir?

Sebagai seorang hamba Allah, kita harus berusaha agar menjadi insan yang Rabbani. Hassan Al Banna mendefinisikan, “Insan Rabbani adalah pribadi yang membentuk diri agar menjadi insan kamil yang mempunyai aqidah sejahtera, ibadah yang shahih, akhlak yang mantap, pikiran yang berasaskan ilmu, tubuh yang kuat, hidup yang berdikari, diri yang berjihad, menghargai waktu, tugas yang tersusun dan senantiasa memberi manfaat kepada orang lain.”

image

Sayyid Quthb menjelaskan definisi lain, insan Rabbani adalah orang yang memiliki ciri:
A. Selalu membersihkan diri dari segala unsur kejahiliyahan
B. Sumber rujukan mereka yang utama hanyalah Al Quran
C. Apa yang dipelajari semata-mata hanyalah untuk diamalkan

Ada beberapa poin yang ingin dijelaskan.
– Mengapa kita harus belajar?
– Mengapa kita harus bisa membaca, menulis, dan berpikir?
– Bagaimana memulai langkah agar bisa menjadi insan Rabbani?

1. Mengapa kita harus belajar?

Sesuai dengan defisi yang diterangkan Hasan Al Banna, Insan Rabbani haruslah memiliki pikiran yang berasaskan ilmu. Sebagai seorang muslim, kita harus belajar agar mendapatkan ilmu. Imam Ghanzali mengatakan, “Ilmu dan amal adalah dua perkara yang tidak dapat dipisahkan, saling mengisi. Ilmu sebagai pemimoin, sedangkan amal sebagai pengikutnya. Ilmu tanpa amal tidak ada gunanya, sedangkan amal tanpa ilmu akan celaka.”

Ilmulah yang akan memimpin langkah-langkah kita.

2. Mengapa kita harus bisa membaca, menulis, dan berpikir?

Malaikat Jibril mendatangi Rasulullah di dalam gua, lalu membimbing Rasulullah untuk mengucapkan, “Iqra..” (bacalah). Iqra, membaca mengawali semua hal, baik itu menuntut ilmu atau beramal. Membaca merupakan kemampuan yang sangat penting agar kita bisa membaca berbagai ilmu pengetahuan, menjalankan kehidupan, dan kita bisa membaca guideline terpenting manusia generasi Rasulullah, yaitu Al Quran.

Apakah fungsi dari berpikir? Berpikir adalah suatu proses yang terjadi di dalam otak manusia, kegiatan ini pada nantinya akan menghasilkan output berupa keputusan. Berpikir merupakan kemampuan khusus yang diberikan kepada manusia dibandingkan dengan makhluk ciptaan Allah lainnya. Itulah yang meninggikan derajat manusia. Berpikir membuat seseorang mampu membedakan mana yang baik mana yang tidak. Karena manusia berkewajiban untuk mengikuti anjuranNya dan menjauhi laranganNya. Berpikir sendiri merupakan bagian dari kemampuan manusia agar bisa membuat keputusan dan tindakan setiap harinya.

Menulis sendiri, bisa menjadi bagian untuk menuntut ilmu atau mengamalkan. Tulisan bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan bisa diambil pelajarannya oleh orang lain. Menulis bisa mengasah seseorang untuk lebih banyak berpikir, lebih banyak membaca. Menulis membuat seseorang lebih cermat mengungkapkan pikiran maupun perasaan.

3. Bagaimana memulai langkah agar menjadi generasi Rabbani?

Belajar, belajar, belajar! Tuntutlah ilmu. Tekuni bidang yang disukai dan jadilah seorang ahli yang bermanfaat di bidang tersebut. Sertakan Al Quran sebagai guideline. SOP di kantor atau Guidelines Therapy dalam pekerjaan menunjukkan betapa pentingnya sebuah guideline. Sebagai manusia, hidup kita pun harus mengikuti guideline yang telah ada, Al Quran, Hadist, dan sunnah. Kita dapat memulainya dengan membaca terjemahan atau tafsir Al Quran, Hadist-hadist shahih dan sunnah-sunnah Rasulullah S.A.W.

Semoga Allah senantiasa mempermudah langkah kita agar bisa terus melahirkan generasi Rabbani, generasi yang hidup dalam naungan Al Quran. Amin..
.
.
.
.
D-6 Ramadhan
11 Juni 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s