Meraih Cita

5 tahun kuliah sepertinya membentuk saya menjadi orang yang sangat realistis. Jadinya, saya takut bercita-cita. Padahal dulu dengan percaya diri saya ingin masuk FK. Pokoknya ingin masuk, bagaimana cara masuknya itu dipikirkan setelahnya?

Saya jadi takut bermimpi, sampai bermimpi ingin kurus pun hanya menjadi angan-angan. Sampai Kang Aduy bilang, “Gapapa kok kita harus usaha buat keinginan kita.”

Padahal dulu waktu SMA, saya sering kali melamun, ‘Ih Asik kali ya punya Honda Civic ceper banget’. Hingga setiap melihat mobil Honda Civic saya bicara dalam hati, ‘Nanti ingin punya juga satu, edisi terbaru.’ Tapi mengapa saat ini saya menjadi penakut? Terutama menjelang UKDI ini saya menjadi tofu, lembek.

Lalu sebuah percakapan kecil membangunkan sisi berani saya yang dulu.

X: Traktir es krim kalo November 48Kg ya!
Y: 47 ya?

Pikir saya dalam hati, ‘yang bener ajaaa?’ Tapi setelah saya sadar, wawww sudah lama ya saya tidak punya cita-cita yang tinggi. Sudah lama saya tidak mencapai hal-hal yang menantang. Selama ini saya hanya hidup demi lulus dari satu stase ke stase berikutnya, hampa betul. Bukan Rizka namanya kalau tidak suka dengan tantangan.

Ya tentu saja saat ini saya harus membuat cita-cita dengan pertimbangan yang matang. Misalnya, saya tidak perlu punya Civic ceper keluaran terbaru. Tidak ada alasan selain keren, kenapa saya harus punya Civic? Intinya, kali ini saya harus membuat cita-cita dengan perasaan dan akal sehat.

Apakah cita-cita saya bisa membahagiakan diri saya? Apakah keluarga terdekat juga bahagia? Apakah cita-cita saya bermanfaat untuk orang lain? Apakah kelak cita-cita saya akan meraih berkah dan ridhaNya? Jika ya? Lanjutkan!

Bercita-cita lah.. Mulailah kembali membuat cita-cita, sekarang!

Leave a Reply

