Gerakan Move On : Menuju Masa Depan yang Lebih Cerah

Kang Fajar bilang, “Pokoknya harus move on. Maju aja terus jangan dipikirin yang di belakang.”

Kalau mau cari jodoh, pilih deh anak FK yang sudah mengikuti ujian OSCE UKDI. Mereka itu orangnya optimis, legowo, tangguh, dan ga akan membahas kejadian yang ada di belakang. Ujian OSCE terdiri 14 station, 12 ujian dengan 2 station istirahat. Kita akan memasuki ruangan dengan kasus yang tidak bisa ditebak.

Rasa tegang, depresi, ketakutan, semua harus dirasakan sembari kepala berpikir tentang, “Ini pasien kenapa? Ini sakitnya apa? Harus ngapain?” Ketika situasi stres, kita sudah kehilangan pathway berpikir normal, semua lewat jalur reflex sumsum tulang belakang. Contohnya ketika kita dikejar Anjing, ada dua refleks yang bisa terjadi : Fight or Flight mechanism. Ketika kita memilih fight, syaraf simpatis akan bekerja dan membuat tubuh bekerja lebih hebat dari biasanya.

Contoh lain saat kita menemukan pacar kita selingkuh, ketika kita flight, bisa jadi kita akan pingsan. Saat kondisi fight kita mampu menghujani si dia dengan jutaan tinju. Ujian kali ini benar-benar menguji mental.

Bagaimana tidak? Saat terpuruk pilihannya hanya move on atau move on? You just have to move. Meskipun kita failed di satu station, saat keluar ruangan kita harus berbesar hati, masuk ke ruangan berikutnya sembari tersenyum dan mengumpulkan seluruh konsentrasi. Tidak ada kesempatan untuk bersedih, tidak ada kesempatan untuk mengingat kesalahan yang telah dilakukan. Para survival OSCE dipaksa untuk selalu prima bagaimanapun kondisi hatinya.

Pelajaran penting yang bisa didapat adalah:

Move on itu bukan cuma masalah perasaan, tapi soal maju ke depan, membuka lembaran baru tanpa menoleh ke belakang. Move on itu tentang memaafkan diri sendiri dan menerima kekurangan diri sendiri.

H-X OSCE. Bismillah..
Di tempat galau bersama No28ro & Nene SKA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s