Drama UKDI: Akhir Sebuah Awal

Saya sampai pada station 14, berisi station istirahat sekaligus station ujian OSCE saya yang terakhir. Saya berdiri, duduk, ke toilet, kemudian berdiri meregangkan tubuh. Terkadang saya berdiri atau membungkuk menahan perut yang terasa sakit. Seketika saya ingin menangis, inilah akhir dari ujian yang mati – matian saya perjuangkan. Rasa lelah mulai terasa. Satu bulan belajar gila – gilaan sangat menguras tenaga, pikiran, dan juga emosi tapi semua selalu saya tahan. Alhamdulillah saat ujian OSCE  fisik dan mental saya bisa tetap prima walau diawali mules-mules sebelum ujian. Allah benar – benar membantu saya sepanjang ujian. Alhamdulillah.. Alhamdulillah..

Selesai ujian, keinginan untuk hura – hura sirna. Awalnya saya berpikir ingin ke toko buku, atau ingin makan enak. Tapi apa daya badan terasa lemas, kepala mulai cenat – cenut. Wajar saja, saya hanya sarapan roti dan susu jam 6 pagi, sedangkan keluar karantina ujian baru pukul 1.30. Haha.. Akhirnya saya membeli kebab, onigiri, dan Nu Milk Tea. Heaa.. Rakus. Saat persiapan dan saat ujian, tubuh itu seolah melipatgandakan kemampuannya. Haha. Jadi ketika ujian selesai, kondisi tubuh yang sebenarnya nampak, tubuh yang ekstra kelelahan. Hahaha.. 

Di tengah perenungan saat di station ke 14, saya jadi sadar ‘Ini 12 pasien dummy saya, nanti mungkin pasien yang datang sehari bisa lebih dari ini. Duh saya masih harus belajar lebih banyak lagi.’  Luar biasa memang Unpad, si penggagas “ujian-ujian maut”, sebut saja SOOCA, OSCE, UKDI CBT dan UK OSCE. Luar biasa saudara – saudara. Prok Prokkk.. Ujian ini membuat saya gila. Hahaha.. 

Perjalanan sebenarnya baru saja dimulai. Akan menjadi apakah Idung nanti? Lebih tepatnya, kemanakah Ilmu ini akan diamalkan? Setelah ini masih ada internship, PTT dan praktek klinik sebelum akhirnya mengambil pendidikan lanjutan. Masih panjang ya.. Singkat ko, dibandingkan kehidupan after life nanti.  Selamat beristirahat Dungki, jangan lupa membuat agenda liburannya supaya bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s