Lebih Baik Terlambat

Saya menyesi kemalasan masa lampau saya. Sejak kecil Mama memasukkan saya ke tempat bimbingan belajar bahasa Inggris sampai dengan SMA kelas dua. Tetapi, karena saya hanya belajar selewat – selewat, tidak pernah mengulang dan berlatih, akibatnya kemampuan saya segitu – gitu ae. Sedih.

Setelah usia saya tidak lagi muda, barulah saya menyesal. Kemampuan bicara saya so so, kemampuan menulis apalagi, tidak perlu dijabarkan. Bisa bahasa Inggris itu penting untuk:

1. Keperluan akademik : karena bahan materi banyak yang berbahasa Inggris
2. Menunjang komunikasi di era globalisasi, di mana banyak pekerja asing di Indonesia. Agar bisa berinteraksi dengan mahasiswa yang sedang exchange di Indonesia misalnya.
3. Agar bisa mendapat beasiswa sekolah di luar negeri
4. Keperluan pekerjaan
5. Agar bisa exchange atau survive ketika berkunjung di luar negeri

Setelah saya menjadi anak les bertahun-tahun, saya sadar yang paling penting adalah latihan, latihan, dan latihan.

Q : Kenapa sih harus repot-repot belajar padahal sudah cukup sulit belajar di usia yang tidak lagi remaja?
A : Karena saya akan terus melanjutkan pendidikan dan kemampuan berbahasa akan menunjang pendidikan saya.

Terlebih, sekarang saya jadi tahu bagaimana cara belajar yang lebih efektif.
1. Belajar dari film
2. Belajar dari membaca
3. Berlatih menulis
4. Belajar grammar

Saya sendiri kaget saat membuka buku “Underatanding and Using English Grammar”, perasaan dulu belajar ga ada yang gini – gini. Hahahaha. Masalah structure saya emang jeblok banget parah. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak kan. Mari bersabar mengisi latihan soal grammer. Hehehe.

Leave a Reply

