Haré Bimbingan

Residen sering kali mengeluhkan koass yang malas bimbingan. Kalau boleh jujur, mungkin memang cara belajar koass zaman sekarang itu berbeda. Sejak pendidikan sarjana, kami sudah dibiasakan untuk mencari learning issue yang berasal dari trigger case. Jadi sebenarnya bukan sindiran ‘kalian ga butuh ilmu dari kita?’ yang bisa membuat kami belajar, tapi rasa penasaran.

Misalnya saja ketika ada teman di luar kedokteran yang bertanya, kami jadi semangat untuk mencari jawaban dengan cara apapun. Atau ketika jaga ada yang tidak kami mengerti, kami nanti akan browsing sendiri atau bertanya kepada residen. So, yang dibutuhkan adalah kondisi terjepit. That’s it.

Berulang kali ketika koass saya dimarahi residen karena kelompok tidak meminta bimbingan. Padahal bukan karena tidak ‘butuh’, tapi saat itu tidak ada trigger factor yang mengeksitasi keinginan mencari tahu.

Ada tiga hal yang bisa membuat seseorang belajar:

  1. Karena takut
  2. Penasaran
  3. Merasa perlu
  4. Maniak belajar

Karena takut menjelang ujian atau takut ditanya – tanya konsulen, koass – koass ini akan gencar membaca. Atau ketika penasaran dan kepepet karena ditanya teman, wah dek koass ini akan serius mencari hingga mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Seringnya, koass itu tidak sadar ilmu tersebut diperlukan, karena memang kondisinya koass yang observer selama ini merasa dalam posisi ‘aman’. Barulah di saat kepepet dek koass sadar, “coba aja dulu belajarnya bener – bener.’ Yang terakhir, hanya satu dari seribu koass – koass yang hobinya memang menuntut ilmu. salah satunya adalah teman saya yang setiap nafasnya saja bersama textbook. Baca syahadat yuk! you know who? :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s