Menu 45 Menit Ala Pemula

Saya ngidam banget deh, menu Kedai Indra Jatinangor. Akhirnya saya memutuskan untuk beli Cumi sama Kangkung ke pasar. Nenek sama Om sampe shock dan bilang, ” Ah.. Masa?? Yang bener.” Ga nyangka saya belanja ke pasar sendiri. Hahahaha.

Menu yang ada di khayalan antara:
1. Cumi tepung asam manis + kangkung sambel terasi
2. Cumi tepung asam manis + kangkung saus tiram

Berhubung aga bosen dan mager juga ngambil sambelnya di tempat penyimpanan, jadinya saya bikin opsi kedua. Ini bikinnya heboh sok-sok ala chef yang bikin dua menu sekaligus gitu. Ehehe. Pengennya Cumi sama Kangkung dimakan pas lagi anget-angetnya kan.

Alat :
– wajan 3
– Kompor harus yang bisa masak 2

Bahan Cumi:
– Cumi –> buang kulit, buang tinta, iris2 1,5 cm
– Tepung bumbu serbaguna
– Tepung terigu
– Bawang bombay
– Bawang putih
– Jahe
– Bawang daun
– Saus tomat
– Saus sambal

Bahan Kangkung:
– Kangkung 1 ikat –> petik dulu
– 2/3 butir bawang siung –> geprek
– Bawang bombay/ bawang merah 3 siung –> iris
– Saus tiram secukupnya
– Gula
– Merica
– Garam
– Cabe rawit

Cara pertama:
1. Prepare bahan-bahan untuk masing-masing
2. Lumuri cumi dengan tepung terigu dulu, lalu setelah terbalut beri bumbu tepung serbaguna –> diamkan atau simpan dalam kulkas

Kedua:
1. Buat saus asam manis : tumis bawang bombay & bawang putih
2. Masukkan saus tomat + saus sambal + air
3. Beri gula, garam, merica
4. Icip-icip, kalau perlu beri air lagi
5. Tambah jahe + irisan bawang daun
6. Tiriskan

Ketiga:
1. Lumuri cumi dengan tepung terigu lagi (agar tidak terlalu asin)
2. Goreng dengan api kecil
3. Wajan sebelah digunakan untuk menumis bawang dan cabe rawit.
4. Saat sudah harum masukkan kangkung
5. Beri saus tiram, gula, merica
6. Icip dulu, biasanya saus tiram sudah cukup asin.
7. Jangan masak kangkung terlalu layu. Yeay, kangkungnya matang!

Keempat:
1. Angkat cumi yang sudah kecoklatan
2. Panaskan sebentar saus yg tadi dibuat
3. Tuang saus diatas cumi tepung

Akhirnya makanan siap disantap dengan nasi hangat. Selamat mencoba. Oh iya, saya ga bisa masak tapi saya suka sekali makan. Ternyata suka makan itu modal loh. Jadi setiap masak, bisa sambil dibayangkan rasa makanan yang kita suka dan biasa kita makan.

Next, saya pengen coba nasi kare ala jepang. Jadi waktu saya jajan sushi di itebe, orang sebelah makan katsu saus kare terus kaya lahap banget makannya. Heaaa.. Kabita. Jadi sebelum buat di rumah, saya mau coba dulu makan nasi kare di sushi origami dulu. 😀

Leave a Reply

